Senin, 01 Januari 2018

Harga, Spesifikasi Dan Review Xiaomi Mi A1

Gaptekno.com | Harga Xiaomi Mi A1 - Xiaomi Mi A1 merupakan produk Xiaomi yang berbeda dari kebanyakan produk lainnya. Hal ini dikarenakan seri Mi A1 merupakan hasil kerjasama Xiaomi dengan Google yaitu proyek Android One. Seperti produk sebelumnya, produk Android One merupakan sebuah produk smartphone murah yang memiliki sistem operasi android murni tanpa dikustomisasi atau dioprek sedemikian rupa. Selain mengadopsi sistem operasi android murni, smartphone ini juga dipastikan akan memiliki harga yang cukup murah karena rata-rata produk Android One memiliki harga yang hanya 1 jutaan saja. Review Xiaomi Mi A1 berikut ini akan membahas mengenai fitur dan teknologi apa saja yang disematkan kedalam ponsel dan seperti apa spesifikasi lengkapnya. Penasaran? Silakan simak ulasannya berikut ini.
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi A1 lengkap dengan review prodak
Xiaomi Mi A1

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi A1

  • Layar: 5.5 inci, FHD (1920 × 1080 piksel) layar, 403PPI
  • CPU: Snapdragon 625 octa-core 2.0GHz, GPU: Adreno 506
  • Android 7.1 OS, 4GB RAM + 64GB ROM
  • Kamera depan 5.0MP dan Dual 12.0MP kamera belakang
  • Dual SIM Card Dual Standby (2 Nano SIM Card atau 1 Nano dan 1 Kartu microSD)
  • Jaringan: 2G, 3G, 4G
  • Harga Baru: 3,1 Jutaan

Review Xiaomi Mi A1

Spek low end tampaknya tak berlaku pada Android One kali ini. Hal ini dibuktikan dengan Xiaomi Mi A1 yang memiliki tipe layar berupa LTPS IPS capacitive touchscreen yang notabenenya lebih baik dari layar IPS biasa. Berbekal layar dengan lebar 5.5 inci, ponsel ini mampu menampilkan resolusi layar hingga mencapai 1080 x 1920 piksel. Kerapatan piksel yang dihasilkan juga sangat tinggi hingga mencapai 403 ppi sehingga kualitas gambar pada layar ponsel akan lebih berkualitas dan juga lebih jernih dan tajam. Belum ada informasi lebih jauh mengenai bodi ponsel yang digunakan apakah akan menggunakan material metal atau plastik biasa. Namun yang pasti, layar ponsel ini akan melengkung pada sisinya karena memiliki fitur 2.5D Corning Gorilla Glass. Selain itu, layar ponsel ini juga akan terhindar dari berbagai baret baik karena goresan atau benturan.

Untuk urusan performa, ponsel ini tampaknya juga akan memiliki performa yang tidak memalukan. Pasalnya, Xiaomi telah membenamkan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon dengan prosesor octa-core 2.0 Ghz Cortex-A53. Sedangkan untuk menampilkan grafis 3D yang lebih detail dan tampak lebih nyata, ponsel ini mengadopsi GPU Adreno 506 sehingga tampilan 3D pada layar ponsel akan lebih memukau. Seperti pada ponsel Android One lainnya, ponsel ini memiliki sistem operasi original, yang berarti tidak akan mengalami customisasi atau OS Android murni berupa OS Android 7.1.2 Nougat. Agar performa multitasking pada ponsel ini lebih cepat dan lancar, Xiaomi juga sudah menyiapkan RAM berkapasitas 4 GB kedalam ponsel ini. Alhasil pengguna dapat menjalankan beberapa aplikasi / game sekaligus pada ponsel ini tanpa merasakan lag yang berarti. Xiaomi Mi A1 dikabarkan akan hadir dalam 2 versi berbeda yaitu versi memori internal 32 GB dan 64 GB. Tentu keduanya akan memiliki selisih harga karena beberapa bagian spesifikasi juga berbeda. 
Review Xiaomi Mi A1
Rear Fingerprint Sensor
Pada sektor kamera, ponsel ini dilengkapi dengan teknologi terbaru yang sedang menjadi tren yakni dual kamera. Ponsel ini memiliki dual kamera belakang yang masing-masing beresolusi 12 MP dengan aperture f/2.2 & f/2.6 dan lensa 26mm & 50mm. Berkat hadirnya dual kamera ini, ponsel ini mampu menciptakan efek bokeh dengan sangat baik dan tajam. Selain itu, ada beberapa fitur unggulan kamera belakang antara lain 2 x optical zoom, dual LED flash, dan masih banyak yang lainnya. Sayangnya, kamera belakangnya belum support perekaman video 4K sehingga kualitas maksimal yang bisa dihasilkan adalah 1080p 30fps. Sementara itu, ponsel ini memiliki kamera depan 5MP yang mampu merekam video berkualitas full HD 1080p@30fps. Tentu saja dari sisi kamera ponsel ini memiliki spesifikasi yang cukup memuaskan.

Xiaomi Mi A1 memiliki baterai berkapasitas 3080 mAh untuk menopang daya pada ponsel. Sayangnya, baterai ponsel ini belum mendukung fitur fast charging sehingga pengisian daya akan berjalan lebih lama. Kabar baiknya, ponsel ini sudah memiliki sensor fingerprint sehingga keamanan ponsel akan lebih terjamin. Dari review Xiaomi Mi A1 diatas, terdapat beberapa keunggulan ponsel diantaranya adalah performanya yang cukup baik serta layarnya yang jernih. Selain itu, ponsel ini mendapatkan keunggulan lain yakni akan mendapatkan update OS terbaru secara OTA. Mengenai harga Xiaomi Mi A1, pihak Xiaomi belum mengumumkan informasi resmi. Namun yang pasti harga ponsel ini akan dibanderol cukup murah mengingat ponsel ini merupakan hasil kerjasama antara Xiaomi dan Google dengan proyek bernama Android One.