Minggu, 24 September 2017

Harga, Spesifikasi Dan Review Sony Xperia XA1 Plus

Harga Sony Xperia XA1 Plus  - Di akhir tahun ini, Sony kembali merilis 1 produk smartphone terbarunya yang diberi nama Sony Xperia XA1 Plus. Ponsel ini merupakan versi yang lebih tinggi dari versi standar yakni Sony Xperia XA1. Smartphone ini memiliki beberapa perbedaan spek seperti pada ukuran layar ponsel yang lebih lebar serta dari spesifikasi lainnya. Ponsel dengan harga yang cukup tinggi ini memiliki segudang fitur terbaru dan juga teknologi terbaru. Selain itu, ponsel ini juga akan dirilis ke pasaran dengan menggunakan sistem operasi android terbaru bernama Android 8.0 Oreo. Seperti apa keunggulan ponsel ini? Berikut review Sony Xperia XA1 Plus mengenai spesifikasi dan fitur terbarunya.
Intip yuk Harga dan spesifikasi Sony Xperia XA1 Plus terbaru 2017

Review Sony Xperia XA1 Plus

Berbekal ukuran layar yang lebih besar dari versi XA1, ponsel ini memiliki bentang layar selebar 5,5 inci dengan resolusi layar yang dihasilkan mencapai 1080 x 1920 piksel. Ukurannya yang lebih besar serta resolusi layar yang mencapai full HD ini membuat ponsel ini lebih nyaman dipandang baik saat dalam menonton film maupun berbagai aktifitas lainnya. Kerapatan piksel yang dihasilkan layar ponsel juga tinggi mencapai 401 ppi sehingga gambar yang dihasilkan akan sangat tajam. Tipe layar berupa IPS capacitive touchscreen juga siap membuat gambar menjadi lebih jernih ketika ditampilkan pada layar. Namun cukup disayangkan Sony Xperia XA1 Plus belum memiliki teknologi X-Reality Engine dan juga Triluminos Display yang mampu membuat kualitas gambarnya lebih mengagumkan. Untuk menutupi kekurangannya ini, Sony melapisi layar ponsel dengan menggunakan pelindung berupa Scratch-resistant glass sehingga layar ponsel menjadi tidak mudah tergores. Untuk bentuk bodi ponsel, Sony masih tetap setia menggunakan bentuk bodi khas Sony dengan material terbuat dari metal. Sayangnya, ponsel ini masih memiliki bezel yang cukup tebal dibagian atas dan bawah layar.
Review Sony Xperia XA1 Plus smartphone tangguh era modern
Untuk menyokong performa ponsel agar optimal, Sony membenamkan chipset besutan Mediatek berupa Mediatek MT6757 Helio P20 dengan prosesor octa-core (4 x 2.3 GHz Cortex-A53 & 4 x 1.6 GHz Cortex-A53). Cukup disayangkan memang Sony tidak menggunakan chipset dari Qualcomm untuk produknya kali ini, namun mungkin pertimbangan harga menjadi alasannya. Meskipun begitu, performa dari chipset ini tak kalah gahar karena sudah lebih sempurna daripada chipset seri terdahulu yang dikenal cepat panas dan boros baterai. Sementara itu, Sony Xperia XA1 Plus juga menggunakan GPU Mali-T880MP2 sebagai kartu grafis untuk menampilkan konten grafis 3D yang lebih detail dan realistis. OS Android Nougat juga telah disiapkan untuk memaksimalkan performa ponsel agar lebih ringan dan juga lebih irit baterai. Ponsel ini hadir dalam 2 versi yang berbeda yakni versi RAM 3 GB dan versi RAM 4 GB. Keduanya sama-sama memiliki kapasitas memori internal 32 GB dengan slot microSD yang mampu disisipi memori eksternal hingga 256 GB. Tentunya RAM minimal 3 GB sudah mampu melahap berbagai aplikasi sekaligus untuk dibuka bersamaan tanpa adanya lag yang terasa.

Bukan Sony kalau tidak memiliki kamera yang memukau. Tak berbeda dengan produknya kali ini, Sony Xperia XA1 Plus juga memiliki spesifikasi kamera yang tinggi dan berkualitas. Berbekal kamera belakang beresolusi 23 MP, ponsel ini mampu menghasilkan foto yang berkualitas tinggi. Apalagi kamera belakang ponsel ini memiliki aperture f/2.0 yang membuat hasil foto menjadi lebih terang dan tajam meskipun digunakan saat keadaan minim cahaya. Kamera belakangnya juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan video berkualitas 4K 2160p pada 30fps. Selain berbekal dengan kamera belakang yang berkualitas, ponsel ini juga memiliki kamera depan yang tak kalah menarik. Dengan kamera depan beresolusi 8 MP, ponsel ini mampu menghasilkan foto selfie yang lebih jernih. Apalagi aperture dari kamera depannya adalah f/2.0 sehingga memiliki kemampuan low light yang sangat baik. Dengan 24mm dan 1/4” sensor size, foto yang dihasilkan akan lebih detail dan tajam.

Berbekal baterai berkapasitas 3430 mAh, ponsel ini dikabarkan mampu bertahan seharian. Baterai yang awet ini dikarenakan penggunaan hardware terbaru yang diklaim lebih baik dalam penggunaan daya serta penggunaan OS Android Nougat yang lebih irit baterai. Baterai ponsel ini juga sudah mengadopsi Pump Express+ 2.0 sehingga pengisian daya baterai akan lebih cepat dari biasanya. Ponsel ini sudah menggunakan pemindai sidik jari yang terintegrasi pada tombol Home yang terletak di bagian samping. Selain itu, tersedia juga fitur USB 3.0 type-C dan juga NFC. Sony Xperia XA1 Plus juga hadir dalam 2 versi berbeda pada bagian slot SIM yaitu Single SIM dan dual SIM. Keduanya sama-sama sudah mendukung 4G LTE Cat6 dengan kecepatan download hingga 300Mbps dan Upload 50 Mbps.

Spesifikasi Sony Xperia XA1 Plus 

Informasi Spesifikasi lengkap Sony Xperia XA1 Plus
  • 23MP camera with Exmor RS™ for mobile
  • 5.5” Full HD display
  • Fingerprint sensor
  • 4GB RAM
  • USB Type-C™ 
  • SIM capability: Single SIM, Dual SIM, Nano SIM 
  • Memory and storage: 4GB /3GB RAM, Up to 256 GB microSD™ card
  • Weight: 190g
  • Dimensions: 155 x 75 x 8.7 mm 
  • Display: 5.5" full HD 1080p, Image Enhance Technology
  • Camera: 23MP, 1/2.3” Exmor RS™ for mobile image sensor, Hybrid Autofocus, Quick Launch & Capture, Low-light photo: ISO6400

Harga Sony Xperia XA1 Plus

Soal banderol, Sony sendiri belum mengumumkan secara resmi berapa harga Sony Xperia XA1 Plus ini. Namun jika kita melihat review Sony Xperia XA1 Plus diatas, tentu harga ponsel ini akan cukup murah mengingat chipset yang digunakan adalah Mediatek serta ada beberapa teknologi yang belum didukung seperti X-Reality Display dan teknologi dual kamera.