Sabtu, 23 September 2017

Intip Yuk! Review iPhone X Terbaru

Review iPhone X - Belum lama ini, Apple telah merilis produk terbaru mereka ke pasaran yang diberi nama iPhone 8 dengan spesifikasi yang sangat tinggi dan juga memiliki fitur yang canggih. Namun pihak Apple kembali memperkenalkan produk terbaru mereka yang bernama iPhone X. Ponsel pintar ini merupakan evolusi besar-besaran yang dilakukan oleh Apple dan memiliki segudang teknologi canggih. iPhone X sendiri memiliki beberapa perubahan dibanding dengan versi iPhone sebelumnya. Yang paling menonjol adalah ukuran layarnya yang memiliki rasio 18:9 serta tidak lagi terdapat tombol Home. Review iPhone X terbaru berikut ini akan membahas mengenai spesifikasi serta teknologi canggih apa saja yang tertanam pada ponsel ini. Simak ulasannya berikut ini.
Review iPhone X Terbaru 2017, Keunggulan dan kelemahan iPhone X

Review iPhone X

Dari sisi tampilan, jelas ponsel ini tampak begitu premium dengan layar yang hampir memenuhi bodi ponsel. Layar berukuran 5.8 inci ini memiliki aspek rasio 18:9 sehingga ponsel ini memiliki bezel yang sangat tipis baik dari samping maupun atas bawah. Layar ponsel ini bukanlah layar biasa, namun layarnya bertipe Super AMOLED capacitive touchscreen dengan resolusi layar yang dihasilkan mencapai 1125 x 2436 piksel dan disebut Super Retina Display. Hal ini bukan isapan jempol belaka karena kerapatan piksel yang dihasilkan mencapai 458 ppi sehingga gambar yang ditampilkan layar akan sangat jernih dan juga tajam. Dengan material berbahan metal dan kaca, ponsel ini tampak berkilau dan sangat mewah ketika dipandang. Meskipun berbahan metal, berat ponsel ini masih tetap ideal yakni 174 gram sehingga tetap nyaman digenggam. Ponsel ini juga memiliki sertifikat IP67 dan juga memiliki pelindung Scratch-resistant glass. Sementara fitur lainnya yang disematkan pada bodi ponsel antara lain 3D touch display & home button, Display Zoom, wide color gamut display, dan Dolby Vision/HDR 10 compliant.

Dari dapur pacu yang digunakan, ponsel ini memiliki chipset besutan Apple sendiri bernama Apple A11 Bionic dengan prosesor Hexa core 64-bit. Tentunya prosesor terbaru milik Apple ini memiliki kemampuan yang luar biasa baik dari segi performa maupun keiritan baterai. Chipset Apple A11 Bionic memiliki kemampuan untuk menjalankan Augmented Reality (AR) secara lebih nyata. Selain itu, chipet ini juga memiliki segudang fitur dan teknologi canggih didalamnya. Dengan menggunakan sistem operasi iOS 11, pengguna yang menggunakan ponsel ini akan ketagihan untuk menatap layar ponsel karena tampilannya yang ciamik dan menawan. Berbekal RAM berkapasitas 3 GB, iPhone X diharapkan mampu menjalankan berbagai tugas dari pengguna dengan cepat dan efisien sehingga tingkat kepuasan pengguna akan bertambah. Yang menarik dari iPhone X adalah hadirnya teknologi baru bernama Face ID yang memungkinkan pengguna menggunakan wajah sebagai otorisasi ke Apple Pay atau keamanan lainnya. Teknologi ini diklaim mampu mengenali wajah penggunanya dengan sangat cepat meskipun kondisi saat itu sedang gelap. Hal ini dikarenakan terdapat teknologi Flood Illuminator dan Dot Projector yang mampu mendeteksi hingga 30 ribu titik pada wajah pengguna. Apple mengklaim teknologi Face ID ini memiliki tingkat kegagalan 1 juta banding 1. Bahkan teknologi Face ID milik iPhone X mampu mendeteksi wajah pengguna meskipun wajah pengguna tidak tepat berada di depan ponsel.
Keunggulan dan kelemahan iPhone X
iPhone X

Dari sektor kamera, ponsel ini tampaknya juga tak kalah baik dengan kamera pada ponsel lain. iPhone X mengadopsi teknologi dual kamera belakang dengan resolusi masing-masing 12 MP, aperture f/1.8 & f/2.4, Optical Image Stabilization, dan juga Quad LED flash. Kamera belakang ponsel ini juga memiliki fitur 2x optical zoom sehingga mampu membidik objek lebih jauh dengan kualitas yang sangat baik. Bahkan Apple mengklaim teknologi pada kamera belakangnya ini tak kalah dengan kamera DSLR. Pasalnya, kamera belakang ponsel ini mampu merekam video berkualitas 4K 2160p pada 24 / 30 / 60fps. Otomatis video yang dihasilkan akan sangat berkualitas, halus, dan minim noise berkat adanya OIS. Sedangkan untuk merekam video slow motion, kamera belakang iPhone X mampu menghasilkan video full HD 1080p pada 240fps. Sementara untuk kamera depannya, iPhone X mengadopsi kamera beresolusi 7 MP dengan aperture f/2.2. Kamera depannya juga mampu merekam video slow motion pada kualitas 720p@240fps. Kedua kamera ponsel ini sama-sama memiliki fitur Portrait Mode & Portrait Lighting yang membuat foto bokeh menjadi lebih berkualitas.

Apple belum memberikan informasi resmi mengenai kapasitas baterai yang digunakan, namun yang pasti baterai ponsel ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging yang diklaim mampu terisi hingga 50% dalam waktu 30 menit. Selain itu, ponsel ini sudah mendukung wireless charging dan mampu mengenali perangkat Apple lain yang di charge bersamaan dengan iPhone X. Di sektor entertain, ada fitur baru yang menarik pada iPhone X yakni Animoji. Animoji merupakan animasi lucu yang bisa disesuaikan dengan ekspresi pengguna dan suara. Pengguna bisa mengirim Animoji ke pengguna lainnya sesuai dengan ekspresi wajah pada saat itu. Selain itu, ada fitur lain yang tak kalah canggih yakni konektivitas 4G LTE Cat16 yang mampu mengunduh dengan kecepatan hingga 1024 Mbps dan upload 150Mbps.

Dari review iPhone X diatas, kita pasti bisa menyimpulkan bahwa iPhone X merupakan ponsel tercanggih di tahun 2017 mengalahkan Samsung dan LG. Hal ini karena iPhone X memiliki beberapa teknologi canggih yang tak dimiliki ponsel lain seperti Face ID, kamera canggih setara DSLR, dan lainnya. iPhone X akan hadir dalam 2 versi berbeda yakni dengan kapasitas memori internal 64 GB dan 256 GB. Sementara untuk pilihan warna, iPhone X akan hadir dalam 2 warna premium yakni Silver dan juga Space Grey. Apple akan merilis secara resmi iPhone X ke pasaran pada 3 November 2017. Harga iPhone X sendiri dibanderol sangat mahal yakni 13 jutaan untuk versi 64 GB dan 15 jutaan untuk versi 256 GB. Namun harga tersebut sangat sebanding dengan spesifikasi dan teknologi canggih yang ditawarkan didalamnya. iPhone X kemungkinan besar akan menjadi smartphone terbaik dan tercanggih tahun 2017 mengalahkan Samsung Galaxy Note 8, LG V30, atau smartphone premium lainnya.