Selasa, 10 Oktober 2017

Ini Dia 8 Fitur Canggih yang Tersembunyi di Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus

Gaptekno.com - Ini Dia 8 Fitur Canggih yang Tersembunyi di Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus | Pada produk flagship terbarunya ini yakni Galaxy S8 dan S8 Plus sepertinya memang Samsung sudah membekali kedua perangkat tersebut dengan fitur-fitur terbaru dan canggih. Dari beragam fitur yang ada di Samsung Galaxy S8 dan S8+ tersebut ternyata ada beberapa tersembunyi yang mungkin hanya sedikit pengguna yang mengetahuinya. Nah, bagi anda yang penasaran dengan beberapa fitur tersembunyi yang ada pada Samsung Galaxy S8 dan S8+ ini, kebetulan pada pembahasan kali ini kami akan mengajak untuk sama-sama mengenal fitur-fitur canggih yang tersembunyi pada smartphone premium garapan Samsung yang terbaru ini. Berikut ulasannya.
Ini Dia 8 Fitur Canggih yang Tersembunyi di Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus

8 Fitur Tersembunyi di Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus

1. Personalisasi Tampilan Iris Scanner dengan Screen Mask

Pada seri Galaxy S8 dan S8+ ini memang  Samsung telah membekali kedua perangkat ini dengan fitur-fitur canggih, seperti misalnya hadirnya keamanan yakni Iris Scanner yang berfungsi sebagai fitur keamanan privasi penggunanya. Yang menarik disini adalah pengguna bisa mengganti tampilannya yang bisa anda pilih pada menu Screen Mask.

Untuk menjalankan fitur ini, anda bisa masuk ke menu pengaturan, lalu pilihlah Lock Screen dan Security. Setelah itu anda bisa pilih Iris Scanner, dan masuklah pada opsi Preview Screen Mask. Ketika membukanya, anda akan menjumpai banyak sekali pilihan tampilan untuk lebih memperindah tampilan pada iris scanner.

2. Split Screen

Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus ini juga memungkinkan penggunanya untuk membuka dua aplikasi sekaligus pada satu layar. Ini bisa dilakukan karena memang kedua perangkat ini telah didukung fitur Split Screen.

Untuk menggunakan fitur ini, anda bisa mencobanya dengan membuka salah satu aplikasi semisal facebook. Apabila anda ingin mmebuatnya tampilan menjadi lebih kecil, anda bisa membuka aplikasi, lalu tekan dan tahan dilayar dibagian kiri atas, kemudian geser kearah bawah. Dari situ anda akan lihat tampilan aplikasi tadi akan terlihat lebih kecil.

3. Fingerprint Bisa Membuka Notifikasi

Fitur pemindai sidik jari yang ada pada Samsung Galaxy S8 dan S8+ ini selain sebagai kunci keamanan perangkat, ternyata juga memiliki fungsi lain yaitu bisa digunakan untuk membuka notifikasi. 

Untuk menjalankan fitur ini, anda pastikan dulu bahwa kondisi layar sedang tidak terkunci. Setelah itu barulah anda menyentuh tombol fingerprint, lalu geser ke arah bawah apabila ingin membuka notifikasi.

4. Mode Kamera Pro

Keunggulan lain yang juga ditawarkan pada Galaxy S8 dan S8 Plus ini yakni ada pada sektor fotografinya. Dimana kedua smartphone ini sudah didukung kamera beresolusi tinggi yang tentunya sudah mampu menghasilkan jepretan foto yang jernih dan tajam. Namun untuk kalian yang ingin lebih memaksimalkan hasil foto, ternyata perangkat ini telah didukung fitur modus pro. 

Untuk menjalankan fitur ini anda bisa membuka aplikasi kamera, kemudian geser layar kebagian kanan. Setelah itu akan tampil beberapa mode kamera pro yang bisa anda gunakan untuk sebagai pengaturan kamera. Fitur yang disediakan seperti white balance, ISO, area focus, level exposure, dan lain sebagainya.

5. Floating Shutter

Tersedianya tombol floating shutter pada kamera Samsung Galaxy S8 dan S8+ ini bisa lebih memudahkan anda ketika menjepret foto. Dengan adanya fitur ini, anda bisa menekan pada bagian layar mana saja saat ingin melakukan jepretan foto.

Cara mengaktifkan fitur yaitu dengan masuk ke menu kamera, lalu bukalah pengaturan yang berada di pojok layar sebelah kanan atas. Kemudian anda bisa menggeser layar kearah bawah agar bisa menemukan opsi floating camera button. Setelah itu anda tinggal mengaktifkannya.

6. Hemat Daya Baterai dengan Menonaktifkan Always On Display

Selain memiliki keunggulan pada sektor hardware dan desainnya, Samsung Galaxy S8 dan S8+ ini ternyata juga memiliki kelebihan lainnya yakni adanya dukungan tampilan Always On Display. Pada saat kondisi layar terkunci, pengguna masih tetap dapat melihat tampilan layar yang menampilkan tanggal dan ikon notifikasi. Namun ternyata fitur ini cukup menguras baterai. Jadi, untuk mengatasi hal itu anda perlu menonaktifkan fitur Always On Display ini supaya konsumsi baterai bisa lebih hemat. 

Caranya pun sangat sederhana, yaitu dengan masuk ke menu Pengaturan, lalu pilihlah opsi Always On Display, kemudian anda tinggal mengklik untuk menonaktifkan fitur tersebut.

7. Membuka Aplikasi Hanya Dengan Menggeser Layar

Smartphone yang beroperasi menggunakan OS Android Nougat ini memang sudah mendukung tampilan antarmuka yang sangat nyaman dioperasikan. Pada Samsung Galaxy S8 dan S8+ ini memungkinkan penggunanya untuk membuka semua aplikasi tanpa perlu lagi menekan tombol menu. Jadi anda tinggal menggesernya saja, yang nantinya ikon aplikasi akan tampil.

8. Mengatur Peletakkan Fungsi Home, Back, Recent

Samsung Galaxy S8 dan S8+ ini juga akan menawarkan sebuah pembaruan fitur yakni tanpa adanya tombol Home. Meskipun demikian, fungsi Home, Back, Recent ternyata tetap ada pada layar dibagian bawah. Jadi pengguna pun bisa memilih untuk menghadirkan ketiga fungsi tersebut ataupun membiarkan supaya tetap tersembunyi. Untuk menggunakan fitur ini, sentuhlah titik kecil pada sudut kiri layar yang bisa digunakan untuk menampilkan maupun menyembunyikan. 

Pada pengaturan tampilan ini juga memiliki fungsi tersembunyi yakni memungkinkan penggunanya untuk mengatur penempatan fungsi Back dan Recent. Caranya yaitu dengan masuk pada menu Pengaturan, lalu pilihlah opsi Display dan pilih Navigation Bar. Kemudian anda dapat memilih opsi Button Layout untuk memastikan penempatan fungsi Home, Back, Recent, atau sebaliknya.

Selain itu ada juga fitur tersembunyi lainnya yaitu pilihan warna dari fungsi Home, Back, Recent tersebut. Dengan adanya fitur ini, anda bisa dengan mudah memilih untuk menggunakan warna mana saja. Caranya, anda bisa masuk ke Settings>Display>Navigation Bar, kemudian dari situ anda tinggal menentukan pilihan backgroud warna yang anda inginkan.